Kebijakan Privasi BTN Smart Residence

Adanya Kebijakan Privasi ini adalah komitmen nyata dari BTN untuk menghargai dan melindungi Data Pribadi Pengguna situs BTN Smart Residence situs-situs turunannya, serta aplikasi gawai BTN Smart Residence (selanjutnya disebut sebagai "Situs").

Kebijakan Privasi ini (beserta syarat-syarat penggunaan dari situs BTN Smart Residence sebagaimana tercantum dalam "Syarat & Ketentuan" dan informasi lain yang tercantum di Situs) menetapkan dasar atas perolehan, pengumpulan, pengolahan, penganalisisan, penampilan, pembukaan, dan/atau segala bentuk pengelolaan yang terkait dengan data atau informasi yang Pengguna berikan kepada BTN atau yang BTN Smart Residence kumpulkan dari Pengguna, termasuk data pribadi Pengguna, baik pada saat Pengguna melakukan pendaftaran di Situs, mengakses Situs, maupun mempergunakan layanan-layanan pada Situs (selanjutnya disebut sebagai "Data Pribadi").

Pemrosesan Data Pribadi ini mengacu pada Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2022 tentang Pelindungan Data Pribadi beserta perubahannya, yang lebih dikenal sebagai "UU PDP," serta peraturan perundang-undangan yang berlaku dan relevan.

Dengan mengakses dan/atau mempergunakan layanan BTN Smart Residence dan melakukan persetujuan dengan klik checkboxKebijakan Privasi, Pengguna menyatakan bahwa setiap data Pengguna merupakan data yang benar dan sah, serta Pengguna memberikan persetujuan kepada BTN untuk memperoleh, mengumpulkan, menyimpan, mengelola dan mempergunakan data tersebut sebagaimana tercantum dalam Kebijakan Privasi maupun Syarat dan Ketentuan BTN Smart Residence.

A. Definisi
  1. PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk selanjutnya disebut BTN adalah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang jasa perbankan dengan kegiatan usaha antara lain menghimpun dana pihak ketiga dan menyalurkan kembali dalam bentuk kredit/pembiayaan.
  2. Aplikasi BTNSmart Residence adalah aplikasi yang di miliki BTN untuk penghuni area residensial (Apartemen/Perumahan) dan tidak menutup kemungkinan area residensial lainnya serta segmentasi bisnis lainnya yang bekerjasama dengan BTN untuk memudahkan kebutuhan operasional dengan menyediakan fasilitas informasi seperti Pengaduan, Informasi dan Tagihan IPL/Listrik/Air/dll.
  3. Pemrosesan adalah kebijakan-kebijakan dan praktik-praktik yang diterapkan oleh BTN dalam memperoleh, mengumpulkan, mengolah, menganalisa, menyimpan, memperbaiki, memperbarui, menampilkan, mengumumkan, mengungkapkan, menyebarluaskan, menghapuskan, dan memusnahkan data pribadi yang diatur pada kebijakan privasi.
  4. Aplikasi merupakanSitus web untuk Pengelola BTN Smart Residence, situs-situs turunan, fitur, aplikasi seluler untuk Penghuni BTN Smart Residence.
  5. Penghuni merupakanPemilik Data Pribadi (Subjek Data Pribadi) yang terkait penggunaan layanan digital BTN Smart Residence.
  6. Pengelola merupakanPemilik Data Pribadi (Subjek Data Pribadi) yang terkait pengelolaan unit properti yang terdaftar pada BTN Smart Residence.
  7. Aplikasi Mobile BankingBTN merupakan aplikasi yang di miliki BTN dipergunakan untuk melakukan proses transaksi.
  8. Nomor Handphone adalah Nomor telepon selular milik pengguna yang akan/telah terdaftar pada aplikasi BTN Smart Residence.
  9. Passwordadalah Informasi kode akses yang digunakan untuk proses Login pada aplikasi.
  10. Calon Pengguna adalah individu atau kelompok yang diperkirakan akan menggunakan aplikasi di masa mendatang dan belum menjadi pengguna aktif, namun memiliki potensi untuk menjadi pengguna.
  11. Pengguna adalah pihak yang menggunakan layanan BTNSmart Residence, termasuk namun tidak terbatas pada penghuni atau pengelola.
  12. Pengelola/Pengembang merupakan pengguna BTN Smart Residenceyang melakukan pengelolaan tagihan pada masing-masing Residence/Residensial.
  13. Residensial/Residenceadalah pihak ketiga rekanan BTN yang memiliki area residensial atau segmentasi bisnis lainnya yang menggunakan BTN Smart Residence untuk mengelola tagihannya.
  14. Registrasi adalah Proses pendaftaran menjadi Pengguna agar dapat mengakses aplikasi BTNSmart Residence dengan menginformasikan beberapa informasi seperti NomorHandphone, Nama, dan alamat Email.

B. Tujuan Pemrosesan Data Pribadi

Dalam melakukan Pemrosesan Data Pribadi Pengguna melalui BTN Smart Residence, BTN memiliki tujuan sebagai berikut:

  1. Memproses segala bentuk permintaan, aktivitas maupun transaksi yang dilakukan oleh Pengguna melalui Aplikasi, termasuk untuk keperluan pengelolaan tagihan hunian oleh Pengelola, pembayaran tagihan hunian oleh Penghuni, pemesanan layanan Home Service dan/atau jasa profesional;
  2. Penyediaan fitur-fitur untuk memberikan, mewujudkan, memelihara dan memperbaiki produk dan layanan kami, termasuk:
    • Menawarkan, memperoleh, menyediakan, atau memfasilitasi layanan Home Service, jasa profesional, maupun produk-produk lainnya melalui Aplikasi, dan
    • Melakukan kegiatan internal yang diperlukan untuk menyediakan layanan pada Aplikasi, seperti pemecahan masalah software, bug, permasalahan operasional, melakukan analisis data, pengujian, dan penelitian, dan untuk memantau dan menganalisis kecenderungan penggunaan dan aktivitas;
  3. Membantu Pengguna pada saat berkomunikasi dengan Layanan Pelanggan BTN Smart Residence, diantaranya untuk:
    • Memeriksa dan mengatasi permasalahan Pengguna;
    • Mengarahkan pertanyaan Pengguna kepada petugas Layanan Pelanggan yang tepat untuk mengatasi permasalahan, dan
    • Mengawasi dan memperbaiki tanggapan Layanan Pelanggan BTN Smart Residence;
  4. Menghubungi Pengguna melalui Email, surat, telepon, fax, dan lain-lain, termasuk namun tidak terbatas, untuk membantu dan/atau menyelesaikan proses transaksi maupun proses penyelesaian kendala;
  5. Menggunakan informasi yang diperoleh dari Pengguna untuk tujuan penelitian, analisis, pengembangan dan pengujian produk guna meningkatkan keamanan dan kenyamanan layanan-layanan pada Aplikasi, serta mengembangkan fitur dan produk baru;
  6. Menginformasikan kepada Pengguna terkait produk, layanan, promosi, studi, survei, berita, perkembangan terbaru, acara dan lain-lain, baik melalui Aplikasi maupun melalui media lainnya. BTN juga dapat menggunakan informasi tersebut untuk mempromosikan dan memproses kontes dan undian, memberikan hadiah, serta menyajikan iklan dan konten yang relevan tentang layanan BTN Smart Residence dan mitra usahanya;
  7. Menyediakan informasi pengguna yang relevan kepada mitra usaha, termasuk diantaranya aplikasi atau situs lain yang telah saling mengintegrasikan API atau layanannya, atau mitra usaha yang mana BTN telah bekerjasama mengantarkan promosi, kontes, atau layanan yang dikhususkan;
  8. Melakukan monitoring ataupun investigasi terhadap transaksi-transaksi mencurigakan atau transaksi yang terindikasi mengandung unsur kecurangan atau pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan atau ketentuan hukum yang berlaku, serta melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan sebagai tindak lanjut dari hasil monitoring atau investigasi transaksi tersebut.

C. Data Pribadi yang Diperoleh dan Dikumpulkan oleh BTN

  1. BTN Smart Residence memperoleh dan mengumpulkan informasi yang mengidentifikasi dan/atau dapat diidentifikasi secara tersendiri atau dikombinasi dengan informasi lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung melalui sistem elektronik dan/atau non-elektronik yang terkait dengan informasi tersebut yang dalam hal ini terbatas pada Layanan ("Data Pribadi").
  2. Data Pribadi Pengguna yang dikumpulkan oleh BTN Smart Residence dapat diberikan oleh Pengguna secara langsung maupun dari pihak ketiga (seperti misalnya menggunakan layanan BTN Smart Residence yang terintegrasi dengan aplikasi pihak ketiga dan/atau aplikasi BTN lainnya, melakukan online onboarding atau aktivasi Mobile Banking BTN). BTN Smart Residence akan mengumpulkan Data Pribadi Pengguna dalam berbagai bentuk dengan tujuan, termasuk yang diperkenankan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia.
  3. Pemrosesan Data Pribadi yang dilakukan oleh BTN dibagi menjadi Data Pribadi dan Data Residence. Data Pribadi adalah data tentang orang perseorangan yang teridentifikasi atau dapat diidentifikasi secara tersendiri atau dikombinasi dengan informasi lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung melalui sistem elektronik atau nonelektronik. Data Pribadi yang dibutuhkan oleh BTN Smart Residence untuk menyelenggarakan layanan meliputi Data Pribadi yang bersifat umum dan spesifik, sebagai berikut:
    • Data Pribadi Umum
      • Nama lengkap;
      • Alamat tempat tinggal;
      • Tempat dan Tanggal lahir;
      • Jenis kelamin
      • Nomor Induk Kependudukan/Paspor/Kartu Induk anak/Kartu Pelajar;
      • Kewarganegaraan;
      • Nomor Handphone
      • Nomor telepon kantor/rumah;
      • Alamat Email;
      • Sosial Media (Facebook, Twitter, Google+, LinkedIn,Website/Blog); dan/atau
      • Data Pribadi yang dikombinasikan untuk mengidentifikasi seseorang
    • Data Pribadi Spesifik
      • Data biometrik yang memungkinkan identifikasi unik terhadap individu namun tidak terbatas pada gambar wajah, sidik jari, rekaman pembicara;
      • Data lainnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  4. KemudianBTN juga melakukan pemrosesan Data Residence yang memuat informasi data tentang Residence yang dapat mengidentifikasi identitas dari Perusahaan/Residensial/Mitra ke tiga yang bekerja sama dengan BTN Smart Residence. Data Residence yang dibutuhkan oleh BTN Smart Residence untuk menyelenggarakan layanan terdiri atas
    • Nama Lengkap;
    • Nomor Rekening;
    • Atas Nama Rekening;
    • Nomor Handphone;
    • Nomor Telepon;
    • Nomor Fax;
    • Alamat Email;
    • Alamat Lengkap;
    • Sosial Media (Facebook, Twitter, Google+, Instagram);
    • Website; dan/atau
    • Data lainnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  5. Selain itu, sepanjang informasi lain, termasuk profil pribadi dan/atau tanda pengenal, yang terasosiasi atau tergabung dalam Data Pribadi, maka informasi tersebut juga merupakan Data Pribadi. Pengguna memiliki pilihan untuk memberikan Data Pribadi tambahan kepada BTN untuk kebutuhan personalisasi akun di luar yang telah disebutkan di atas.
  6. Data yang diserahkan secara mandiri oleh Pengguna dan/atau data yang dikumpulkan ketika Pengguna menggunakan layanan yang diberikan oleh BTN Smart Residence. Informasi yang berkenaan dengan Data Pribadi Pengguna termasuk namun tidak terbatas pada:
    • Data pencarian, riwayat penelusuran (termasuk tanggal dan waktu yang terekam);
    • Keterkaitan atau preferensi Pengguna yang dikumpulkan dari penggunaan BTN Smart Residence, termasuk data transaksi atas pembayaran tagihan hunian oleh Penghuni, data transaksi atas pemesanan layanan (termasuk Home Service, jasa profesional), kanal pembayaran yang digunakan;
    • Data survei dari BTN atau atas nama BTN Smart Residence yang telah diisi dan dikirimkan kembali ke BTN;
    • Data yang diinformasikan oleh pengguna BTN Smart Residence yang menghubungi Layanan Pelanggan BTN Smart Residence;
    • Lokasi, foto, suara, kontak, daftar panggilan ataupun interaksi lainnya dalam Aplikasi yang diizinkan oleh Pengguna untuk diakses melalui perangkat yang Pengguna miliki. BTN Smart Residence tidak pernah memindai atau mengambil foto-foto pada album dan/atau kamera dalam perangkat Pengguna;
  7. Data Pribadi yang dibuat dan didapatkan dari hasil penggunaan Aplikasi, termasuk namun tidak terbatas pada:
    • Data lokasi riil atau perkiraannya seperti alamat IP, lokasi Wi-Fi, geo-location, dan sebagainya;
    • Data berupa waktu dari setiap aktivitas Pengguna, termasuk aktivitas pendaftaran, login, transaksi, dan lain sebagainya;
    • Data penggunaan atau preferensi Pengguna, diantaranya interaksi Pengguna dalam menggunakan Aplikasi, pilihan yang disimpan, serta pengaturan yang dipilih. Data tersebut diperoleh menggunakan Cookies, pixel tags, dan teknologi serupa yang menciptakan dan mempertahankan pengenal unik;
    • Data perangkat, diantaranya jenis perangkat yang digunakan untuk mengakses Aplikasi, termasuk model perangkat keras, sistem operasi dan versinya, perangkat lunak, nama file dan versinya, pilihan bahasa, pengenal perangkat unik, pengenal iklan, nomor seri, informasi gerakan perangkat, dan/atau informasi jaringan seluler;
    • Data catatan (log), diantaranya catatan pada server yang menerima data seperti alamat IP perangkat, tanggal dan waktu akses, fitur aplikasi atau laman yang dilihat, proses kerja aplikasi dan aktivitas sistem lainnya, jenis peramban, dan/atau situs atau layanan pihak ketiga yang Pengguna gunakan sebelum berinteraksi dengan Aplikasi
  8. Data yang diperoleh dari sumber lain, termasuk ;
    • Mitra BTN yang turut membantu kami dalam mengembangkan dan menyajikan layanan-layanan dalam Aplikasi kepada Penghuni, antara lain Pengelola, Profesional, dan mitra-mitra lainnya;
    • Mitra usaha BTN tempat Pengguna membuat atau mengakses akun BTN Smart Residence, seperti layanan media sosial, atau situs/aplikasi yang menggunakan API BTN Smart Residence atau yang digunakan BTN Smart Residence;
    • Penyedia layanan finansial;
    • Penyedia layanan pemasaran; dan
    • Sumber yang tersedia secara umum.
  9. BTN dapat menggabungkan data yang diperoleh dari sumber tersebut dengan data lain yang dimilikinya.

D. Penampilan Data Pribadi

  1. BTN berkomitmen untuk melakukan pemrosesan Data Pribadi sesuai dengan persetujuan Pengguna, dan/atau sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
  2. Pengguna bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan detail Data Pribadi Pengguna dan harus selalu menjaga dan bertanggung jawab atas keamanan perangkat yang Pengguna gunakan untuk mengakses Aplikasi.
  3. Pengguna dengan ini mengakui, dan jika diwajibkan oleh peraturan Pelindungan Data Pribadi yang berlaku, secara tegas menyetujui bahwa Data Pribadi yang diperoleh dan dikumpulkan oleh BTN bersama dengan informasi terkait transaksi yang relevan, dapat diungkapkan kepada lembaga pemerintah yang berwenang, ataupun pihak lainyang berwenang berdasarkan undang-undang atau perjanjian kerja sama, dalam hal:
    • Untuk kepentingan hukum yang berlaku dan/atau untuk menangani proses hukum yang sedang berjalan;
    • Untuk melindungi keselamatan BTN, keselamatan Pengguna atau keselamatan orang lain atau demi kepentingan yang sah dalam konteks:
      • Keamanan nasional;
      • Proses penegakan hukum;
      • Penyelenggaraan negara;
      • Kepentingan pengawasan sektor jasa keuangan, moneter, sistem pembayaran dan stabilitas sistem keuangan;
      • Agregat data yang pemrosesannya ditujukan guna kepentingan statistik dan penelitian ilmiah dalam rangka penyelenggaraan negara; dan/atau
      • Keadaan darurat yang telah ditetapkan oleh Pemerintah.
    • Untuk kepentingan audit internal dan/atau digital forensic atas tindak pidana atau pelanggaran peraturan atau kebijakan di lingkungan BTN dan Perusahaan Afiliasi;
    • Jika diperlukan sehubungan dengan proses hukum yang diajukan terhadap BTN, pejabat, karyawan, afiliasi, atau vendor terkait;
    • Untuk menetapkan, melaksanakan, melindungi, mempertahankan, dan menegakkan hak-hak hukum BTN;
    • Dalam rangka Pemrosesan Data Pribadi dengan perusahaan afiliasi BTN, BTN hanya akan memberikannya dengan itikad baik dalam bentuk ringkasan atas dasar kepentingan yang sah di mata hukum. Dalam hal BTN melakukan Pemrosesan Data Pribadi yang membuka profil pribadi Pengguna, BTN akan melakukan upaya terbaik untuk melindungi privasi atas Data Pribadi Pengguna, yang dilaksanakan setelah dilakukannya penandatanganan perjanjian kerahasiaan, atau persetujuan tambahan dengan cara memberikan pemberitahuan kepada Pengguna sebelum Data Pribadi Pengguna diungkapkan kepada afiliasi BTN serta tunduk pada Kebijakan Privasi Pengguna diungkapkan kepada afiliasi BTN serta tunduk pada Kebijakan Privasi dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, sehingga tetap dapat memastikan kerahasiaan Data Pribadi Pengguna;
  4. Untuk melakukan pengungkapan Data Pribadi Pengguna kepada pihak ketiga, dalam rangka untuk memastikan BTN dapat memberikan layanan kepada Pengguna dan membantu Pemerintah Negara Indonesia beserta institusi pendukungnya untuk pelaksanaan fungsi-fungsi Negara.

E. Penyimpanan Data Pribadi

  1. BTN berkomitmen untuk melindungi Data Pribadi Pengguna dengan cara terbaik selama diperlukan untuk memberikan Layanan ini. Kami melakukan langkah-langkah perlindungan seperti enkripsi data, penggunaan firewall, dan memberikan akses terbatas. Data Pribadi Pengguna dapat pula dikelola, diproses, dan disimpan oleh pihak ketiga yang bekerja sama dengan BTN baik di wilayah Indonesia maupun di luar wilayah Republik Indonesia guna menjaga kinerja BTN dengan tetap mematuhi kewajiban atas akses dan efektifitas pengawasan sesuai hukum yang berlaku.
  2. BTN akan menyimpan Data Pribadi sebagaimana disebutkan di atas sepanjang hal tersebut dibutuhkan untuk mencapai tujuan mengapa Data Pribadi tersebut dikumpulkan, ketika Pengguna masih menggunakan BTN Smart Residence, atau sepanjang penyimpanan tersebut diharuskan atau diperkenankan sesuai dengan kebijakan retensi data milik BTN serta peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia
  3. Jika pengguna melakukan penghapusan data dan akun BTN Smart Residence, maka semua data yang tersimpan akan dihapus secara permanen. Setelah penghapusan tersebut, BTN Smart Residence tidak akan menyimpan data pengguna yang telah terhapus.
  4. Aplikasi BTNSmart Residence yang terinstal pada perangkat seluler (iOS, Android, dan sebagainya) memiliki pengaturan sehingga aplikasi BTN Smart Residence tidak dapat mengakses data tertentu tanpa persetujuan dari Pengguna. Perangkat iOS akan memberikan pemberitahuan kepada Pengguna saat aplikasi BTN Smart Residence pertama kali meminta akses terhadap data tersebut, sedangkan perangkat Android akan memberikan pemberitahuan kepada Pengguna saat aplikasi BTN Smart Residencepertama kali dimuat. Dengan menggunakan aplikasi dan memberikan akses terhadap aplikasi, Pengguna dianggap memberikan persetujuannya terhadap Kebijakan Privasi.

F.Akses ke Data Pribadi

  1. BTN berkomitmen untuk memenuhi hak Pengguna untuk mengakses Data Pribadi Pengguna yang dikumpulkan dan diproses oleh BTN dengan didahului adanya permohonan dari Pengguna. Dalam memenuhi permintaan akses ke data pribadi Pengguna, BTN dapat menolak permintaan Pengguna apabila BTN menemukan bahwa permintaan ke Data Pribadi Pengguna memenuhi salah satu atau beberapa kondisi, berikut ini;
    • Membahayakan keamanan Pemilik Data Pribadi dan/atau orang lain;
    • Berdampak pada pengungkapan Data Pribadi milik orang lain; dan/atau;
    • Bertentangan dengan kepentingan pertahanan dan keamanan nasional.
  2. Untuk informasi lebih lanjutterkait dengan permintaan akses data pribadi Pengguna, Pengguna dapat menghubungi saluran komunikasi yang tersedia berdasarkan Kebijakan Privasi ini.

G. Perbaikan dan Pembaruan Data Pribadi

  1. Dalam hal Pengguna menemukan kekeliruan yang ditampilkan mengenai Data pribadi Pengguna dikarenakan ketidakakuratan atau diperlukan dilakukan pembaruan atas Data Pribadi Pengguna, maka Pengguna dapat mengakses dan mengubah informasi data umum melalui fitur Pengaturan pada BTN Smart Residence. Dalam hal terdapat ketidakakuratan dalam pemberian data pribadi dari Subjek Data, BTN berhak menghentikan layanan dan/atau transaksi berdasarkan pertimbangan BTN.
  2. Kami menghimbau Pengguna untuk turut berperan aktif memastikan keakuratan dan pembaruan Data Pribadi Pengguna dari waktu ke waktu

H. Penghapusan Data Pribadi

  1. Sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku atau kebijakan retensi data milik BTN atau atas permintaan/permohonan Pengguna, BTN dapat menghapus dan/atau memusnahkan Data Pribadi Pengguna dari sistem (right to erase), kecuali dalam hal:
    • Apabila perlu menyimpan Data Pribadi untuk memenuhi kewajiban hukum, keperluan pembuktian di kemudian hari, pajak, audit, dan akuntansi, BTN akan menyampaikan Data Pribadi yang diperlukan selama Pengguna menggunakan layanan milik BTN atau sesuai jangka waktu yang disyaratkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku; dan/atau
    • Data Pribadi masih berapa dalam periode retensi berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  2. Perihal keperluan pemusnahan Data Pribadi Pengguna dari sistem (right to erase), diperlukan permohonan tertulis yang diajukan oleh Pengguna kepada Kantor Pusat BTN agar kami dapat memusnahkan Data Pribadi dalam sistem milik BTN. Apabila terjadi demikian, maka Pengguna memahami konsekuensi bahwa Pengguna tidak dapat menggunakan layanan BTN Smart Residence. Setelah dilakukan pemusnahan Data Pribadi oleh BTN maka akan diberikan pemberitahuan kepada Pengguna oleh BTN.

I. Keamanan Data Pribadi

  1. BTN berkomitmen untuk memberlakukan upaya terbaiknya untuk melindungi dan mengamankan Data Pribadi Pengguna dari akses pengumpulan, pengolahan, penganalisisan, penyimpanan, pengungkapan, perbaikan dan penghapusan oleh pihak-pihak yang tidak berwenang.
  2. Dalamhal terjadi akses dan kegiatan ilegal atas kerahasiaan Informasi Pribadi Pengguna yang berada di luar kendali BTN, BTN akan segera memberitahukan kepada Pengguna pada kesempatan pertama sehingga Pengguna dapat mengurangi risiko yang timbul atas hal tersebut.
  3. Pengguna bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan detail Data Pribadi Pengguna, termasuk informasi mengenai username, password, Email maupun OTP kepada siapapun dan untuk selalu menjaga dan bertanggung jawab atas keamanan perangkat yang Pengguna gunakan.

J. Pengakuan dan Persetujuan

  1. Kebijakan Privasi ini dapat diubah dan/atau diperbarui dari waktu ke waktu. BTN menyarankan kepada Pengguna agar selalu membaca secara seksama dan memeriksa halaman ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun yang ditimbulkan olehnya. Dan pembaharuan akan diberitahukan melalui Email dan notifikasi aplikasi BTN Smart Residence.
  2. Pengguna dapat menarik persetujuan Pengguna terhadap setiap atau seluruh pengumpulan, penggunaan, pengungkapan Data Pribadi Pengguna pada setiap waktu dengan memberikan pemberitahuan tertulis yang beralasan ke BTN.
  3. Bergantung pada keadaan dan sifat dari persetujuan yang Pengguna tarik, Pengguna harus memahami dan mengakui bahwa BTN berwenang untuk memenuhi atau tidak memenuhi permintaanpenarikan persetujuan tersebut, maka Pengguna tidak lagi dapat menggunakan Aplikasi. Penarikan persetujuan oleh Pengguna dapat berakibat pada penghentian akun Pengguna atau hubungan kontraktual Pengguna dengan BTN yang terkait, di mana semua hak dan kewajiban yang dimiliki masing-masing pihak masih sepenuhnya dilindungi.

K. Hak Pengguna

  1. Mendapatkan informasi tentang kejelasan identitas, dasar kepentingan hukum, tujuan permintaan dan penggunaan data pribadi;
  2. Melengkapi, memperbaharui, dan/atau memperbaiki kesalahan dan/atau ketidakakuratan Data Pribadi miliknya;
  3. Melengkapi, memperbaharui, dan/atau memperbaiki kesalahan dan/atau ketidakakuratan Data Pribadi miliknya;
  4. Mendapatkan akses dan memperoleh salinan data pribadi milik dirinya;
  5. Mendapatkan pemrosesan, menghapus dan/atau memusnahkan Data Pribadi dirinya;
  6. Menarik kembali persetujuan pemrosesan data pribadi tentang dirinya yang telah diberikan kepada BTN;
  7. Berhak menunda atau membatasi pemrosesan data pribadi secara proporsional sesuai dengan tujuan pemrosesan data pribadi.

L. Sosial Media

  1. BTN menggunakan Sosial Media untuk;
    • Terhubung dengan Pengguna;
    • Berbagi informasi mengenai produk dan layanan BTN
    • Terkadang melibatkan penggunaan data Pengguna
  2. Platform media sosial memungkinkan Pengguna memilih iklan yang diterima. Silakan hubungi pihak terkait untuk informasi lebih lanjut.
  3. Jika Pengguna memiliki pertanyaan tentang Kebijakan Privasi ini, silakan hubungi layanan pelanggan kami melalui informasi kontek berikut :

M. Cookies

  1. Cookies adalah file kecil yang secara otomatis akan mengambil tempat di dalam perangkat Pengguna yang menjalankan fungsi dalam menyimpan preferensi maupun konfigurasi Pengguna selama mengunjungi suatu situs.
  2. Cookies tersebut tidak diperuntukkan untuk digunakan pada saat melakukan akses data lain yang Pengguna miliki di perangkat komputer Pengguna, selain dari yang telah Pengguna setujui untuk disampaikan.
  3. Walaupun secara otomatis perangkat komputer Pengguna akan menerima Cookies, Pengguna dapat menentukan pilihan untuk melakukan modifikasi melalui pengaturan browser Pengguna yaitu dengan memilih untuk menolak Cookies (pilihan ini dapat membatasi layanan optimal pada saat melakukan akses ke situs web BTN Smart Residence).
  4. BTN Smart Residence menggunakan fitur Google Analytics Demographicsand Interest. Data yang kami peroleh dari fitur tersebut, seperti umur, jenis kelamin, minat pengguna dan lain-lain, akan kami gunakan untuk pengembangan layanan dan konten BTN Smart Residence. Jika tidak ingin data Pengguna terlacak oleh Google Analytics, Pengguna dapat menggunakan Add-On Google Analytics Opt-Out Browser.
  5. BTN dapat menggunakan fitur-fitur yang disediakan oleh pihak ketiga dalam rangka meningkatkan layanan dan konten BTN Smart Residence, termasuk diantaranya ialah penyesuaian dan penyajian iklan kepada setiap Pengguna berdasarkan minat atau riwayat kunjungan.