Syarat dan Ketentuan balé community

Selamat Datang Pengguna Aplikasi balé community.

Mohon untuk terlebih dahulu membaca dan memahami syarat dan ketentuan yang berlaku dengan seksama, sebelum mengunduh aplikasi atau menggunakan layanan kami untuk pertama kalinya. Syarat dan ketentuan ini berlaku berlaku atas segala transaksi yang pengguna lakukan dimanapun pengguna berada, baik di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia maupun di Wilayah Negara Lainnya.

Syarat& Ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pengguna dengan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Jika pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat & Ketentuan, maka pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan pada Situs balé community.

A. Definisi

  1. PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk selanjutnya disebut BTN adalah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang jasa perbankan dengan kegiatan usaha antara lain menghimpun dana pihak ketiga dan menyalurkan kembali dalam bentuk kredit/pembiayaan.
  2. Aplikasi balé community adalah aplikasi yang di miliki BTN untuk penghuni area residensial (Apartemen/Perumahan) dan tidak menutup kemungkinan area residensial lainnya serta segmentasi bisnis lainnya yang bekerjasama dengan BTN untuk memudahkan kebutuhan operasional dengan menyediakan fasilitas informasional seperti Pengaduan, Informasi dan Tagihan IPL/Listrik/Air/dll.
  3. Aplikasi BTN Mobile merupakan aplikasi yang di miliki BTN untuk
  4. Nomor Handphone adalah Nomor telepon selular milik pengguna yang akan/telah terdaftar pada aplikasi balé community.
  5. Passwordadalah Informasi kode akses yang digunakan untuk proses Login pada aplikasi.
  6. Calon Pengguna adalah individu atau kelompok yang diperkirakan akan menggunakan aplikasi di masa mendatang dan belum menjadi pengguna aktif, namun memiliki potensi untuk menjadi pengguna.
  7. Pengguna adalah pihak yang menggunakan layanan balé community, termasuk namun tidak terbatas pada penghuni atau pengelola.
  8. Pengelola/Pengembang/Residensial adalah pihak ketiga rekanan BTN yang memiliki area residensial atau segmentasi bisnis lainnya yang menggunakan balé community untuk mengelola tagihannya.
  9. Registrasi adalah Proses pendaftaran menjadi Pengguna agar dapat mengakses aplikasi balé community dengan menginformasikan beberapa informasi seperti Nomor Handphone, Nama, dan alamat Email.

B. Pengguna Situs balé community

  1. Syarat dan ketentuan dibawah ini berlaku dan mengatur seluruh aktivitas yang terdapat di Situs balé community, Pengguna dapat terdaftar menjadi anggota di balé community dengan mendaftarkan secara mandiri maupun didaftarkan oleh Pihak Ketiga dengan kondisi-kondisi sebagai berikut:
    • Pengelola/Pengembang/Residensial rekanan BTN / pihak ketiga lainnya akan melakukan input data pada form pengguna dan setelah submit maka pengguna secara otomatis akan didaftaran menjadi pengguna balé community.
    • Pengguna yang didaftarkan melalui Pengelola/Pengembang/Residensial rekanan BTN pada saat melakukan penambahan Tagihan.
    • Pengguna melakukan pendaftaran akun melalui aplikasi balé community
    • Pengguna mengakses layanan atau fitur pada aplikasi balé community
  2. Dengan mengakses Situs balé community dan bergabung di balé community maka Pengguna menyatakan bahwa Pengguna setuju untuk mematuhi peraturan-peraturan di bawah ini:
    • Pengguna dengan ini menyatakan bahwa pengguna adalah orang yang cakap dan mampu untuk mengikatkan dirinya dalam sebuah perjanjian yang sah menurut hukum.
    • balé community tidak memungut biaya pendaftaran kepada pengguna.
    • Informasi terkait dengan data user merupakan rahasia user & admin dan tidak dapat dibagikan kecuali dengan salah satu keadaan berikut berlaku;
      • Dengan Persetujuan User
        balé community akan membagi informasi pribadi dengan perusahaan, organisasi, dan individu di luar Situs balé community jika mendapatkan persetujuan dari Pengguna untuk melakukannya.
      • Untuk Pemrosesan Eksternal
        balé community memberikan informasi pribadi ke afiliasi atau bisnis maupun orang terpercaya lainnya berdasarkan petunjuk Admin.
      • Untuk Tujuan Hukum
        balé community akan membagikan informasi Data Pribadi milik Subjek Data Pribadi (Pengguna Situs balé community) dengan perusahaan, organisasi, dan individu di luar Situs balé community jika berkeyakinan dengan itikad baik bahwa akses, penggunaan, penyimpanan, atau pengungkapan informasi tersebut perlu untuk:
        • Memenuhi hukum, peraturan, dan proses hukum yang berlaku atau permintaan pemerintah yang wajib dipenuhi.
        • Menegakkan Persyaratan Layanan yang tersedia, termasuk penyelidikan pelanggaran potensial.
        • Mendeteksi, mencegah, atau menangani penipuan, keamanan, atau masalah teknis.
        • Melindungi dari ancaman terhadap hak, properti atau keamanan Situs balé community, pengguna Situs atau publik seperti yang diharuskan atau diizinkan oleh hukum.
    • Untuk melindungi akun Situs balé community Pengguna, kerahasiaan sandi Pengguna harus tetap terjaga. Pengguna bertanggung jawab atas aktivitas yang terjadi pada atau melalui akun Pengguna. Pengguna dihimbau untuk tidak menggunakan kembali sandi akun Situs balé community Pengguna pada aplikasi pihak ketiga.
    • Konten data (tampilan, deskripsi dan sisa unit stok Komunitas) yang ada dalam Situs balé community dapat berubah-ubah sesuai dengan kebijakanPengelola/Pengembang/Residensial rekanan BTN / pihak ketiga lainnyatanpa ada pemberitahuan sebelumnya.
    • Risiko yang terjadi dalam proses pendaftaran unit Komunitas adalah tanggung jawab pengguna tersebut, dan bukan menjadi tanggung jawab balé community.
    • balé community tidak dapat dituntut untuk segala pernyataan, kekeliruan, ketidaktepatan atau kekurangan pada segala konten yang ada pada Situs balé community.
    • Berkaitan dengan forum/konsultasi yang ada pada Situs balé community,balé community tidak bertanggung jawab atas ketepatan isi informasi dari peserta forum/konsultasi tersebut, dan tidak akan mempunyai tanggung jawab hukum untuk hasil diskusi di forum. Apabila Pengguna berpartisipasi pada forum/konsultasi, Pengguna menjamin bahwa Pengguna tidak akan:
      • Merusak nama baik, mengancam, melecehkan atau menghina orang lain.
      • Mengeluarkan pernyataan yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan).
      • Menyarankan tindakan melanggar hukum atau berdiskusi yang mengarahkan pada tindakan melanggar hukum.
      • Menerbitkan dan menyebarkan materi yang melanggar hak cipta pihak ketiga atau melanggar hukum.
      • Menerbitkan atau menyebarkan materi dan bahasa yang bersifat pornografi, vulgar dan tidak etis.
    • balé community berhak untuk menghapus pesan yang dianggap tidak sesuai dan melanggar konteks. Apabila Pengguna menemukan pesan yang tidak sesuai dan melanggar, harap hubungi Admin melalui Hubungi Kami.
    • Untuk dapat menggunakan fasilitas tambah unit Komunitas, Pengguna harus terdaftar sebagai anggota, setuju untuk memberikan informasi yang sebenarnya. Ketika mendaftar, Pengguna dianggap telah setuju dengan aturan-aturan yang mengatur didalamnya.
    • Apabila Pengguna tidak mampu memenuhi peraturan-peraturan yang dicantumkan diatas, balé community berhak untuk melakukan tindakan lebih lanjut. Bagi para pihak yang melanggar peraturan-peraturan ini dapat dihentikan keanggotaannya atau aksesnya tanpa peringatan terlebih dahulu.

C. Hak dan Kewajiban Pengguna balé community

  1. BTN dalam operasional aplikasi balé community, berhak mengumpulkan dan memproses informasi pribadi pengguna, seperti nama, alamat komunitas, alamat surat elektronik (surel / email), NomorHandphone ketika Pengguna melakukan Registrasi.
  2. Pengguna harus memberikan informasi yang akurat dan lengkap, memperbaharui informasi dan setuju untuk memberikan kepada BTN bukti identitas apapun yang secara wajar dapat BTN mintakan.
  3. BTN berhak untuk melakukan pemeliharaan, dengan cara melakukan perbaikan, pembaruan, penambahan atau pengurangan fitur-fitur tertentu, menghapus sebagaimana maupun menghentikan aplikasi untuk waktu tertentu dan/atau tidak tertentu. Untuk melindungi kepentingan umum dan perintah Undang-Undang yang berlaku maka BTN berhak melakukan penyesuaian dan/atau menghentikan operasi aplikasi.
  4. Pengguna dilarang untuk membahayakan, mengubah atau memodifikasi Aplikasi dan/atau Situs web atau mencoba untuk membahayakan, mengubah atau memodifikasi Aplikasi dan/atau Situs web dengan cara apapun.
  5. BTN berhak untuk melarang Pengguna untuk menggunakan Aplikasi lebih lanjut jika kamu menggunakan Aplikasi dengan perangkat yang tidak sesuai/cocok atau tidak sah atau untuk tujuan lain selain daripada tujuan yang dimaksud untuk penggunaan Aplikasi ini.
  6. Pengguna berjanji bahwa hanya akan menggunakan suatu jalur akses yang diperbolehkan untuk digunakan dan tidak akan melakukan upaya-upaya yang tidak diizinkan BTN seperti memasuki jalur sistem Aplikasi atau web, melakukan peretasan pencurian data yang terdapat dalam database.
  7. Pengguna memahami dan setuju akan tunduk pula pada Kebijakan Privasi BTN sebagaimana dapat diubah dari waktu ke waktu. Dengan menggunakan Aplikasi, Pengguna juga memberikan persetujuan sebagaimana dipersyaratkan berdasarkan Kebijakan Privasi BTN.
  8. Pengguna memahami dan setuju untuk menerima sebaran informasi maupun promosi yang berada di dalam aplikasi balé community.
  9. Dengan memberikan informasi kepada BTN, Pengguna menyatakan bahwa Pengguna berhak untuk memberikan informasi yang akan BTN gunakan dan berikan kepada Penyedia Layanan.
  10. Pengguna dengan ini sepakat dan setuju bahwa BTN dapat mengumpulkan, menggunakan, mengakses, menyimpan, dan/atau memproses data Pengguna termasuk namun tidak terbatas pada informasi pribadi, isi percakapan, dan/atau informasi tentang penggunaan layanan oleh Pengguna di aplikasi.
  11. Sejauh diizinkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku, BTN (termasuk perusahaan terafiliasi dan Partner Resmi yang bekerja sama dengan BTN) berhak menggunakan keseluruhan atau sebagian data yang diperoleh dan dikumpulkan dari seluruh Pengguna melalui aplikasi atau website untuk kepentingan pengembangan dan peningkatan mutu demi keamanan dan kenyamanan Pengguna.
  12. BTN berhak mengungkapkan dan/atau mempublikasikan data pengguna untuk keperluan atau kepentingan penyelesaian perselisihan atau sengketa dan/atau mediasi, namun tidak terbatas BTN berwenang mengungkapkan, menampilkan atau menunjukan kepada pengacara atau kuasa hukum yang BTN tunjuk, mediator, Majelis Hakim, Majelis Arbiter dan/atau Penyidik, Penyidik Pegawai Negeri Sipil dan/atau penegak hukum lainnya atau yang berwenang menurut peraturan perundang-undangan.
  13. Pengguna berhak untuk dapat melakukan penghapusan data pribadi dan penutupan akun yang tersimpan pada balé community.Penghapusan data pribadi dan penutupan akun dapat dilakukan pada aplikasi balé communitymapun menghubungi Kantor Cabang atau Admin balé community.
  14. Syarat dan Ketentuan ini dapat diubah dan/atau diperbarui dari sewaktu ke waktu. BTN menyarankan kepada Pengguna agar selalu membaca secara seksama dan memeriksa halaman ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun yang ditimbulkan olehnya. Dan pembaharuan akan diberitahukan melalui Email dan notifikasi aplikasi balé community.

D. Registrasi dan Validasi Pengguna

  1. Calon pengguna terlebih dahulu mendownload aplikasi balé community yang tersedia di Playstore dan Apps Store yang telah di sediakan oleh BTN serta menginstall terlebih dahulu.
  2. Pengguna balé community wajib mengisi dan melengkapi informasi data-data yang diperlukan sehubungan dengan proses registrasi seperti nama lengkap, NomorHandphone, alamat email dengan sebenar-benarnya.
  3. Pengguna memahami bahwa 1(satu) Nomor Handphone yang terverifikasi hanya dapat digunakan untuk mendaftar 1 (satu) akun pengguna balé community.
  4. Dilakukan Verifikasi data pengguna saat melakukan Registrasi atau perubahan data dengan melakukan validasi menggunakan kode OTP yang akan diberitahukan melalui No. Hanphone yang terdaftar di balé community.
  5. Segala bentuk kerugian yang timbul akibat kelalaian pengguna dan penggunaan aplikasi yang diperoleh secara tidak resmi dari BTN menjadi tanggung jawab sepenuhnya oleh pengguna.
  6. Segala bentuk resiko yang timbul akibat kelalaian dan/atau penyalahgunaan informasi berupa data atau sejenisnya oleh pengguna balé community dalam proses registrasi, perubahan data, transaksi, pembuatan password akan menjadi tanggung jawab pengguna aplikasi balé community sepenuhnya.
  7. Pengguna yang terdaftar pada balé community dapat didaftarkan secara mandiri oleh pengguna maupun dari pihak ketiga dengan kondisi sebagai berikut:
  • Pengelola/Pengembang/Residensial rekanan BTN / pihak ketiga lainnya akan melakukan input data pada form pengguna dan setelah submit maka pengguna secara otomatis akan didaftaran menjadi pengguna balé community.
  • Pengguna yang didaftarkan melalui Pengelola/Pengembang/Residensial rekanan BTN pada saat melakukan penambahan Tagihan.
  • Pengguna melakukan pembukaan rekening online atau aktivasi melalui aplikasi Mobile Banking BTN.
  • Pengguna mengakses layanan atau fitur pada aplikasi Mobile Banking BTN.

E. Kerahasiaan Username & Password

  1. Kerahasian & keamanan atas username dan password pengguna sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengguna balé community.
  2. Pengguna balé community wajib menjaga kerahasian atas username dan password yang dimilikinya agar tidak diketahui pihak lain untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
  3. Pengelola/Pengembang/Residensial wajib melakukan pergantian password dengan password pribadi saat mendapatkan user-ID pada kesempatan pertama.
  4. Pengguna balé community diberikan kebebasan untuk mengganti password kapan saja.
  5. Penyalahgunaan username dan password oleh pihak lain menjadi tanggung jawab sepenuhnya pengguna balé community.

F. Pengelola / Pengembang / Residensial rekanan BTN / pihak ketiga lainnya

Syarat dan ketentuan berikut di bawah ini berlaku pada dan mengatur seluruh aktivitas yang terdapat di Situs balé community. Mohon dibaca dengan teliti sebelum berpartisipasi pada Situs balé community. Dengan mengakses Situs balé community dan bergabung di balé community, makaPengelola/Pengembang/Residensial rekanan BTN / pihak ketiga lainnyamenyatakan setuju untuk mematuhi peraturan-peraturan di bawah ini:

  1. Ruang LingkupPengelola/Pengembang/Residensial rekanan BTN / pihak ketiga lainnya:
    • Melakukan Update dan Upload unit stok properti.
    • Melakukan Respond dan Monitoring aktivitas pembayaran tagihan.
    • Monitoring status unit stok properti.
    • Melakukan Respond pada fitur pengaduan Komunitas.
    • Melakukan Update dan Monitoring informasi pada tambah informasi.
    • Melakukan Update dan Monitoring Banner Komunitas.
    • MelakukanUpdate dan Upload data Komunitas.
  2. Pengelola/Pengembang/Residensial rekanan BTN / pihak ketiga lainnyawajib melakukan pergantian password dengan password pribadi pada saat mendapatkan user-ID pada kesempatan pertama.
  3. Pengelola/Pengembang/Residensial rekanan BTN / pihak ketiga lainnyaharus memelihara, menyimpan, dan melindungi user-ID serta password pribadi yang menjadi tanggung jawabnya.
  4. Pengelola/Pengembang/Residensial rekanan BTN / pihak ketiga lainnyabertanggung jawab atas semua kegiatan/aktivitas di sistem aplikasi yang dilakukan di bawah user-ID dan password-nya.
  5. Pengelola/Pengembang/Residensial rekanan BTN / pihak ketiga lainnyaharus memilih password yang efektif sehingga sulit ditebak/disingkap serta memperlakukannya secara rahasia agar terhindar terhadap penyalahgunaan user-ID yang tidak berhak.
  6. Menghubungi Kantor Cabang BTN atau Admin balé community untuk melakukan reset password, apabila user-ID terkunci/terlupa disertai dengan surat resmi yang ditandatangani oleh Direktur/Pimpinan/Pengelola/Pengembang/Residensial rekanan BTN / pihak ketiga lainnya.
  7. Pengelola/Pengembang/Residensial rekanan BTN / pihak ketiga lainnyawajib melaporkan setiap kali terjadi kasus pembobolan pengamanan pada kesempatan pertama kepada Kantor Cabang BTN atau Admin balé community.
  8. Memastikan dan bertanggung jawab atas kebenaran konten data unit stok (informasi spesifikasi, tampilan dan status) yang ada dalam Situs balé community.
  9. Melakukan perubahan status unit stok menjadi sudah memiliki penghuni atau persetujuan verifikasi penghuni pada Situs balé community maksimal 7 hari kerja setelah unit stok tersebut didaftarkan oleh penghuni.
  10. Memastikan bahwa setiap materi yang diusulkan untuk dapat tercantum (publish) di Situs balé community baik berupa tulisan, gambar maupun materi multimedia lainnya tidak melanggar hak cipta, paten, merek atau hak pribadi dan kepemilikan intelektual lainnya dari pihak ketiga, dan diterbitkan hanya dengan izin daripada pihak ketiga tersebut.
  11. Memastikan pencantuman foto atau gambar pada Situs balé community sesuai dengan ketentuan sebagai berikut:
    • Foto yang dipasang adalah benar foto properti yang diiklankan atau dipasarkan.
    • Foto Profile yang dipasang merupakan benar profile dari Komunitas.
    • Foto dapat berupa foto pada brosur pemasaran, foto desain, foto 3D, foto bangunan yang sedang dibangun dan denah rumah, serta siteplan pada satu lokasi perumahan.
    • Tidak diperbolehkan menyampaikan beberapa foto (multiple foto thumbnail) dalam satu foto file.

Pengelola/Pengembang/Residensial rekanan BTN / pihak ketiga lainnyadilarang:

  1. Menggunakan user yang digunakan untuk:
    • Merusak nama baik, mengancam, melecehkan atau menghina orang lain (Pengelola/Pengembang/Residensial rekanan BTN / pihak ketiga lainnya).
    • Mengeluarkan ujaran kebencian atau permusuhan berdasarkan SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan).
    • Melakukan tindakan melanggar hukum atau menyarankan dan berdiskusi yang mengarahkan pada tindakan melanggar hukum.
    • Menerbitkan dan menyebarkan materi yang melanggar hak cipta pihak ketiga atau melanggar hukum.
    • Menerbitkan atau menyebarkan materi dan bahasa yang bersifat pornografi, vulgar dan tidak etis.
    • Menyebarluaskan informasi rahasia, baik berupa data atau informasi, baik financial, sharing password atau lain sebagainya berkaitan dengan debitur/konsumen baik identitas, finansial maupun non finansial, sebagaimana dimaksud peraturan perundang-undangan yang berlaku.
    • Mendistribusikan/mentransmisikan muatan melanggar kesusilaan, muatan perjudian, penghinaan, pencemaran nama baik, pemerasan, pengancaman, penyebaran berita bohong yang menyebabkan kerugian bagi Pengguna, mengeluarkan ujaran kebencian atau permusuhan berdasarkan SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan).

Sanksi:

  1. Pengelola/Pengembang/Residensial rekanan BTN / pihak ketiga lainnyatidak mampu memenuhi peraturan-peraturan yang dicantumkan di atas, Admin Situs balé community berhak untuk melakukan tindakan :
    • Pemberitahuan secara tertulis kepadaPengelola/Pengembang/Residensial rekanan BTN / pihak ketiga lainnya.
    • Apabila pemberitahuan tersebut tidak ditindaklanjuti dalam waktu 1 hari kerja, Admin Situs balé community berhak menghentikan keanggotaan atau akses tanpa peringatan terlebih dahulu.
    • Ketentuan lain mengacu syarat dan ketentuan pada Situs balé community dan peraturan perundangan yang berlaku.

G. Transaksi Pembayaran Tagihan

  1. Pembayaran tagihan wajib bertransaksi melalui prosedur transaksi yang telah ditetapkan balé community. Pengguna melakukan pembayaran dengan menggunakan metode pembayaran yang sebelumnya telah dipilih oleh pengguna, dan kemudian BTN akan meneruskan dana ke pihak Pengelola/Pengembang/Residensial atau segmentasi bisnis lainnya apabila tahapan transaksi pembayaran tagihan pada sistem balé community telah selesai.
  2. Saat melakukan pembayaran tagihan, Pengguna menyetujui bahwa:
    • Pengguna bertanggung jawab untuk membaca, memahami, dan menyetujui informasi/deskripsi keseluruhan tagihan sebelum membuat tawaran atau komitmen untuk melakukan pembayaran tagihan.
    • Pengguna masuk ke dalam kontrak yang mengikat secara hukum ketika Pengguna melakukan pembayaran tagihan.
    • BTN tidak mengalihkan kepemilikan secara hukum atas tagihan dariPengelola/Pengembang/Residensial atau segmentasi bisnis lainnyakepada Pengguna
  3. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa nominal tagihan merupakan tanggung jawab Pengelola/Pengembang/Residensial atau segmentasi bisnis lainnya, sehingga nominal dapat berubah sewaktu-waktu.
  4. Pengguna memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa segala transaksi yang dilakukan antar Pengguna dan Pengelola/Pengembang/Residensial atau segmentasi bisnis lainnya selain melalui BTN atau balé community dan/atau tanpa sepengetahuan BTN (melalui fasilitas/jaringan pribadi, pengiriman pesan, pengaturan transaksi khusus diluar situs BTN atau upaya lainnya) adalah merupakan tanggung jawab pribadi dari Pengguna.
  5. Pembayaran oleh Pengguna wajib dilakukan segera (selambat-lambatnya dalam batas yang telah ditetapkan olehPengelola/Pengembang/Residensial atau segmentasi bisnis lainnya) setelah Pengguna mendapatkan tagihan. Jika dalam batas waktu tersebut pembayaran atau konfirmasi pembayaran belum dilakukan oleh Pengguna, BTN memiliki kewenangan untuk membatalkan transaksi dimaksud.
  6. Pengguna menyetujui untuk tidak memberitahukan atau menyerahkan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran kepada pihak lain selain BTN. Dalam hal terjadi kerugian akibat pemberitahuan atau penyerahan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran oleh Pengguna kepada pihak lain, maka hal tersebut akan menjadi tanggung jawab Pengguna.
  7. Setelah adanya konfirmasi pembayaran tagihan, maka dana pihak Pengguna yang dikirimkan ke Rekening resmi balé community akan di lanjut kirimkan ke pihakPengelola/Pengembang/Residensial atau segmentasi bisnis lainnya(transaksi dianggap selesai).
  8. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap masalah pembayaran tagihan yang disebabkan keterlambatan pembayaran adalah merupakan tanggung jawab dari Pengguna.
  9. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa masalah keterlambatan proses pembayaran dan biaya tambahan yang disebabkan oleh perbedaan bank yang Pengguna pergunakan dengan bank Rekening resmi balé community adalah tanggung jawab Pengguna secara pribadi.
  10. Pengembalian dana dari BTN kepada Pengguna hanya dapat dilakukan jika dalam keadaan-keadaan tertentu berikut ini:
    • Masalah pembayaran tagihan telah teridentifikasi secara jelas dariPengelola/Pengembang/Residensial atau segmentasi bisnis lainnyayang mengakibatkan pembayaran tagihan tidak dapat diproses,
    • Penyelesaian permasalahan melalui Pusat Bantuan berupa keputusan untuk pengembalian dana kepada Pengguna atau hasil keputusan dari pihak BTN.
  11. Apabila terjadi proses pengembalian dana, maka pengembalian akan dilakukan melalui Rekening milik Pengguna yang akan bertambah sesuai jumlah pengembalian dana.
  12. BTN berwenang mengambil keputusan atas permasalahan-permasalahan transaksi yang belum terselesaikan akibat tidak adanya kesepakatan penyelesaian, baik antaraPengelola/Pengembang/Residensial atau segmentasi bisnis lainnya dan Pengguna, dengan melihat bukti-bukti yang ada. Keputusan BTN adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat pihakPengelola/Pengembang/Residensial atau segmentasi bisnis lainnyadan Pengguna untuk mematuhinya.
  1. Pengguna akan menerima kode unik virtual account untuk mempermudah proses verifikasi pembayaran. Dalam hal pembayaran telah diverifikasi maka proses pembayaran tagihan kan terupdate secara otomatis.
  2. Pengguna wajib melakukan pembayaran dengan nominal yang sesuai dengan jumlah tagihan yang tertera pada halaman pembayaran. BTN tidak bertanggungjawab atas kerugian yang dialami Pengguna apabila melakukan pembayaran yang tidak sesuai dengan jumlah tagihan yang tertera pada halaman pembayaran.

F. BIAYA LAYANAN

  1. Biaya Layanan merupakan biaya atas penggunaan dan pemanfaatan layanan Situs/Aplikasi dalam pelaksanaan semua transaksi pembayaran tagihan yang dilakukan Pengguna pada Aplikasi.
  2. Apabila sebagian atau keseluruhan transaksi dibatalkan setelah melakukan pembayaran, maka dana yang akan dikembalikan tidak termasuk Biaya Layanan.
  3. Dalam hal ditemukannnya dan/atau terdapat dugaan pelanggaran pembayaran tagihan pada transaksi pengguna, maka Biaya Layanan yang dikenakan kepada Pengguna atas transaksi pembayaran tagihan tidak dikembalikan kepada masing-masing Pengguna. Pengguna akan menjamin, membebaskan dan melepaskan BTNdari segala tuntukan hukum atas pelanggaran yang dilakukan oleh Pengguna.
  4. Dengan melakukan transaksi pada balé community, Pengguna dianggap memahami dan menyetujui Syarat dan Ketentuan yang berlaku.
  5. Apabila dikemudian hari terdapat perubahan nominal Biaya Layanan, maka akan dilakukan sosialisasi dan pemberitahuan pada sosial media BTN terlebih dahulu dalam jangka waktu selambat-lambatnya 1 (satu) pekan sebelum pembaharuan di nyatakan berlaku oleh BTN.

G. PROMO

  1. BTN sewaktu-waktu dapat mengadakan kegiatan promosi (selanjutnya disebut sebagai Promo) dengan Syarat dan Ketentuan yang mungkin berbeda pada masing-masing kegiatan Promo. Pengguna dihimbau untuk membaca dengan seksama Syarat dan Ketentuan Promo tersebut.
  2. BTN berhak, tanpa pemberitahuan sebelumnya, melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan pencabutan Promo, membatalkan transaksi, menahan dana, serta hal-hal lainnya jika ditemukan adanya manipulasi dan pelanggaran maupun pemanfaatan Promo untuk keuntungan pribadi Pengguna, maupun indikasi kecurangan atau pelanggaran pelanggaran Syarat dan Ketentuan balé community dan ketentuan hukum yang berlaku di wilayah negara Indonesia.
  3. Pengguna hanya boleh menggunakan 1 (satu) akun balé community untuk mengikuti setiap promo BTN. Jika ditemukan pembuatan lebih dari 1 (satu) akun oleh 1 (satu) Pengguna yang sama dan/atau NomorHandphone yang sama dan/atau alamat yang sama dan/atau ID pelanggan yang sama dan/atau identitas pembayaran yang sama dan/atau riwayat transaksi yang sama, maka Pengguna tidak berhak mendapatkan manfaat dari promo balé community.
  4. BTN dapat mengadakan kegiatan promosi yang bekerjasama dengan pihak ketiga sepertiPengelola/Pengembang/Residensial, Professional, atau situs sejenis untuk mempromosikan program promo yang sedang berjalan.
  5. BTN sewaktu-waktu dapat menyebarkan promo yang sedang berjalan mmelalui media promosi yang dimiliki balé community seperti sms blast, email newsletter, dan notifikasi aplikasi mobile.

H. INFORMASI LAYANAN DAN PERMASALAHAN

Pengguna dapat mengetahui informasi mengenai produk layanan pada balé community dan menyampaikan permasalahan yang muncul atas transaksi pada balé community denganhubungi layanan pelanggan kami melalui informasi kontak berikut:

I. FORCE MAJEURE

Pengguna akan membebaskan BTN dari segala tuntutan apapun, dalam hal BTN tidak dapat melaksanakan perintah dari Pengguna baik sebagian maupun seluruhnya karena kejadian-kejadian atau sebab-sebab di luar kekuasaan atau kemampuan Bank termasuk namun tidak terbatas pada segala gangguan virus komputer atau sistem Trojan Horses atau komponen membahayakan yang dapat menggangu layanan balé community, web browser atau komputer sistem BTN, Pengguna, atau Internet Service Provider, karena bencana alam, perang, huru-hara, keadaan peralatan, sistem atau transmisi yang tidak berfungsi, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, kebijakan pemerintah, serta kejadian-kejadian atau sebab-sebab lain di luar kekuasaan atau kemampuan BTN.

J. Pilihan Hukum

Perjanjian ini akan diatur oleh dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Republik Indonesia, tanpa memperhatikan pertentangan aturan hukum. Pengguna setuju bahwa tindakan hukum apapun atau sengketa yang mungkin timbul dari, berhubungan dengan, atau berada dalam cara apapun berhubungan dengan Situs dan/atau Perjanjian ini akan diselesaikan secara eksklusif dalam yurisdiksi pengadilan Republik Indonesia.

K. Ketentuan Lain

Segala hal yang belum dan/atau tidak diatur dalam syarat dan ketentuan khusus dalam fitur tersebut maka akan sepenuhnya merujuk pada syarat dan ketentuan BTN dan balé community secara umum.

Syarat dan ketentuan ini telah disesuaikan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan termasuk ketentuan peraturan Otoritas Jasa Keuangan.